Friday 22 January 2016


Memulai bisnis milik sendiri bisa menjadi pengalaman menarik dan bermanfaat. Hal ini dapat menawarkan banyak keuntungan seperti Anda sendiri yang menjadi bos atas bisnis Anda tersebut, bebas mengatur waktu dan lebih menikmati hidup dengan mengerjakan apa yang Anda sukai.Akan tetapi untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses membutuhkan perencanaan secara menyeluruh, kreativitas dan kerja keras. Itulah tantangan terbesar seorang entrepreneur atau pengusaha. Anda dituntut untuk memiliki ide-ide kreatif dan wajib memiliki daya tahan yang kuat. Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur, pertimbangkanlah apakah Anda memiliki karakteristik dan keterampilan yang umumnya terkait dengan pengusaha sukses berikut ini:

1.            Nyaman dengan mengambil risiko

Menjadi bos atas bisnis Anda sendiri juga berarti Andalah yang membuat keputusan-keputusan sulit dalam bisnis Anda. Kewirausahaan selalu melibatkan ketidakpastian. Apakah Anda menghindari ketidakpastian dalam hidup untuk seluruh biaya yang Anda keluarkan dalam bisnis ? Jika ya, maka berbisnis bukanlah yang terbaik atau cocok untuk Anda. Apakah Anda menikmati sensasi mengambil risiko yang terhitung? Jika ya, maka Anda mungkin sangat cocok untuk menjadi seorang pebisnis.

2.            Independent
Pengusaha harus banyak-banyak membuat keputusan sendiri. Jika Anda berpikir bahwa Anda dapat mempercayai naluri Anda - dan Anda tidak takut terhadap berbagai penolakan saat sekarang ini dan juga yang akan datang - Anda akan mampu untuk menempuh jalan seorang pengusaha.
3.            Persuasif
Anda mungkin memiliki ide terbesar di dunia, tetapi jika Anda tidak dapat merayu atau mempengaruhi pelanggan, karyawan dan calon pemberi modal atau mitra, Anda mungkin merasa bahwa berbisnis adalah hal yang meragukan. Jika Anda menikmati berbicara di depan umum, mudah bergaul dan berpikir bahwa Anda membuat argumen menarik yang didasarkan pada fakta-fakta, kemungkinan Anda siap untuk membuat ide Anda menuai kesuksesan.
4.            Mampu bernegosiasi
Sebagai pemilik usaha kecil, Anda harus melakukan negosiasi atas segala hal berkaitan dengan bisnsi Anda, mulai dari sewa sampai pada perjanjian kontrak untuk tarif. Keterampilan negosiasi yang selalu dipoles akan membantu Anda dalam melakukan penghematan uang dan menjaga bisnis Anda agar tetap berjalan lancar.
5.            Kreatif
Apakah Anda dapat memikirkan ide-ide baru? Dapatkah Anda membayangkan cara-cara baru untuk memecahkan suatu masalah? Pengusaha harus mampu berpikir kreatif. Jika Anda memiliki wawasan tentang bagaimana untuk mengambil keuntungan dari peluang baru, berbisnis kemungkinan besar cocok untuk Anda.
6.            Mendapat dukungan dari orang lain
Sebelum Anda memulai menjalankan sebuah bisnis, penting bagi Anda untuk memiliki  dukungan yang kuat dari lingkungan sekitar. Anda akan dipaksa untuk membuat banyak keputusan penting, terutama pada bulan-bulan pertama membuka bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki jaringan dari orang-orang untuk memberi dukungan dan bantuan kepada Anda, maka  pertimbangkanlah untuk mencari mentor bisnis. Seorang mentor bisnis adalah seseorang yang berpengalaman, sukses dan bersedia untuk memberikan nasihat dan bimbingan.


       Jika Anda merasa bahwa syarat-syarat di atas dapat terpenuhi pada diri Anda, itu berarti Anda cocok untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur.

*Sumber utama : www.sva.com

1 comment:

"Welcome Home"

Selamat datang rekan-rekan.. Semoga Blog ini dapat bermanfaat bagi kita semua. I hope your enjoy and happy here guys..
Powered by Blogger.

My Online University

My Album

Sponsor

Belajar Iklan Di Facebook 125x125

Video Hari Ini

Popular Posts

Cari Ide dan Motivasi